Posted in: Info

Australia Barat bersiap menghadapi skenario terburuk saat badai Seroja mendekat

Bonus harian di Keluaran SGP 2020 – 2021.

Sumber: Reuters | Editor: Wahyu T. Rahmawati

KONTAN. CO. ID –  MELBOURNE. Pihak berwenang dalam Australia Barat mendesak warga di pantai Mid West untuk mencari tempat berlindung yang aman atau berangkat pada hari Sabtu (10/4) ketika topan Seroja memukul wilayah pantai.

Warga di wilayah Mid West dan Gascoyne Australia Barat didesak untuk menyiapkan agenda darurat mereka. Topan diperkirakan akan meningkat menjadi kategori tiga dalam waktu mulia malam, menghantam wilayah yang bangunan-bangunannya tidak dibuat untuk menahan angin siklon.

“Ini adalah situasi yang benar serius. Potensi kerusakan yang meluas sangat tinggi, ” kata Menteri Layanan Perlu negara bagian Fran Logan di Australian Broadcasting Corporation (ABC).

“Kami berharap dapat melewati beberapa keadaan ini tanpa kehilangan menewaskan dan tanpa kerusakan properti yang serius. Kami perlu bekerja berdasarkan skenario kasus terburuk, ” kata Logan. Dia menambahkan bahwa jalan siklon tidak terlihat dalam daerah itu selama kira-kira dekade.

Baca Juga: Dampak gempa Malang, sendi warga di Lumajang hancur

Biro Meteorologi Australia memperkirakan angin yang merusak secara kecepatan 150 km per jam (93 mil bohlam jam), dan hujan tebal yang dapat menyebabkan kebobrokan signifikan pada komunitas pesisir saat topan bergerak mengarungi pantai dan lebih jauh ke pedalaman. Area dengan paling mungkin mengalami hembusan angin yang merusak ialah di pantai antara Geraldton, 200 km di utara Perth, dan Denham, 500 km di utara Perth.

Daerah ini jauh di selatan Port Hedland, pusat ekspor bijih besi terbesar di dunia, dengan tahan terhadap beberapa siklon dalam satu musim serta tempat rumah dibangun dengan standar yang lebih kuat.  

Baca Juga: Meski siklon Seroja & Odette menjauh, 4 provinsi ini tetap waspada iklim ekstrem


. bg-color-linkedin background-color: #0072b1;

<! —

–> <! —

Video Pilihan gong9deng –> <! — prev ivs script

gong9deng –>
<! —

CUACA EKSTREM

gong9deng –>