Posted in: Info

BPJS Ketenagakerjaan serahkan data calon penyambut subsidi gaji secara bertahap

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) akan segera menyerahkan data bahan penerima bantuan subsidi gaji pada pemerintah. Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto mengatakan, penyerahan data ini akan dilakukan secara berangsur-angsur.

“Sesuai dengan pembicaraan,   penyerasian kami dengan kementerian terkait, kita kita akan memberikan data ini secara bertahap. Jadi tidak menduduki sekaligus, karena  ini masih berproses terus. Data-data nomor rekening yang sudah tervalidasi, sudah siap, kita akan serahkan untuk bisa lekas dilakukan pembayaran, ” ujar Agus dalam konferensi pers, Jumat (21/8).

Negeri menargetkan penerima bantuan subsidi perolehan ini sebanyak 15, 7 juta pekerja. Hingga saat ini, BPJS Ketenagakerjaan sudah mengantongi 13, 6 juta nomor rekening. Namun, sebab nomor rekening tersebut, baru ada 7, 5 juta nomor rekening sudah tervalidasi atau sudah mencuaikan serangkaian proses validasi.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan sudah kumpulkan 13, 6 juta rekening calon penerima sumbangan gaji

Bagian rekening yang sudah dikumpulkan tersebut divalidasi secara berlapis, agar penerima bantuan tepat sasaran. Tahap validasi pertama dilakukan dengan perbankan, kemudian validasi dilakukan secara internal oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Validasi internal tersebut dilakukan dengan menyeleksi sesuai secara kriteria calon penerima bantuan sumbangan upah sesuai Permenaker 14/2020 dan petunjuk teknis Dirjen Kementerian Ketenagakerjaan, selanjutnya dilakukan validasi data bagian rekening dan ketunggalan.

“Penyerahan keterangan rekening akan kita sampaikan ke kemnaker secara bertahap. Tahap perdana akan dilakukan pada minggu keempat Agustus 2020, ” terang Agus.

Menurut Agus, batas akhir masa pengumpulan rekening hingga 31 Agustus 2020 dan akan terus dievaluasi. Setelah itu, dia mengatakan presiden akan menyerahkan bantuan subsidi honorarium tahap I ini secara asosiatif, baik melalui tatap muka & virtual.

Pemerintah menyiapkan anggaran Rp 37, 7 triliun untuk rencana bantuan subsidi gaji. Penerima sumbangan gaji ini akan menerima sandaran Rp 600. 000 per bulan selama 4 bulan. Pembayarannya dilakukan selama 2 tahap atau Rp 1, 2 juta setiap pembagian.

Baca Juga: Pastikan subsidi upah pas sasaran, pemerintah siapkan sanksi bagi pemberi kerja

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih arah perhatian Anda, tersedia voucer percuma senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong17deng –>
SUBSIDI

gong17deng –>