Posted in: Info

IHSG melemah pada perdagangan Selasa (27/4), berikut sentimen pemicunya

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SGP 2020 – 2021.

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Herlina Bintang Dewi

LANGSUNG. CO. ID –  JAKARTA. Indeks Harga Saham Ikatan (IHSG) ditutup melemah 0, 09% ke level 5. 959, 621 pada perniagaan Selasa (27/4).  

Dustin Dana Pramitha, Analis Phillip Sekuritas Indonesia memperhitungkan, pelemahan indeks salah satunya berasal dari pelemahan daerah industri dasar & kimia yang melemah 1, 18%, yang didorong oleh bagian emiten pouy. Hal tersebut didorong kabar kalahnya gugatan yang dilayangkan Indonesia ke Badan Perdagangan Dunia (WTO) atas dumping produk unggas asal Brazil.

Hal itu direspon investor sebagai ancaman akan kembali banjirnya buatan unggas asal negara itu sehingga berpotensi menurunkan harga jual ayam dalam daerah.

“Selain itu kehormatan jagung dunia yang balik mencetak rekor tertinggi menambah sentimen negatif untuk emiten pouy, ” terang Dustin kepada Kontan. co. id, Selasa (27/4).

Lalu pelemahan juga terjadi dalam sektor aneka industri yang melemah 1, 46%. Pelemahan ini setelah kemarin terdapat rilis penjualan sepeda mesin dimana realisasinya masih muncul negatif walaupun angka itu menunjukkan perbaikan.

Baca Juga: IHSG disetir sentimen eksternal, simak rekomendasi saham untuk Rabu (28/4)

Tatkala sentimen dari eksternal masih datang dari perkembangan peristiwa Covid-19 di India yang melonjak. Investor cenderung waspada sebab India adalah lupa satu negara terbesar konsumen komoditas dunia. Dus, dengan adanya kondisi tersebut bisa mempengaruhi proses pulihnya ekonomi mereka.

Sementara buat sentimen dari keputusan The Fed, Dustin menilai tidak ada efek yang bermanfaat sebab konsensus membaca keputusan Gubernur The Fed Jerome Powell akan kembali membekukan FFR di level 0, 25%. Selain itu selalu yield surat utang pemerintah Amerika Serikat (AS) bertenor 10 tahun masih berjalan dibawah 1, 6% yang menandakan investor percaya hendak janji dari The Fed.

Besok, Dustin meramalkan, IHSG akan bergerak dengan rentang support 5, 918. 4 dan resistance 6, 024. 5.  

Sejumlah sentimen yang mau menggerakkan pasar diantaranya rilis data ekonomi Amerika Serikat (AS) di kuartal mula-mula, yang akan dirilis dalam Jumat hingga rilis laporan keuangan emiten di kuartal pertama.  

 

 

PEMBERIAN, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menaikkan semangat kami untuk menampilkan artikel-artikel yang berkualitas serta bermanfaat.

Jadi ungkapan terimakasih atas menghiraukan Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

. bg-color-linkedin background-color: #0072b1;

<! —

–> <! —

Video Pilihan gong9deng –> <! — prev ivs script

gong9deng –>
<! —

IHSG

gong9deng –>