Posted in: Info

Jadi kebutuhan utama selama pandemi, bank berlomba memperkaya fitur mobile banking

Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN. CO. ID – JAKARTA . Dalam masa pandemi Covid-19, servis digital perbankan telah menjadi andalan nasabah untuk bertransaksi. Pentingnya perluasan digital pun telah menjadi menjawab sebagian besar bank besar.

Oleh karena itu sangat wajar, kalau bank semakin aktif berlomba memasarkan fitur digital terutama melalui kanal mobile banking. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) misalnya, sejak status pandemi keluar di bulan Maret 2020 sampai dengan Oktober 2020 telah meluncurkan beragam fitur baru dengan mempermudah nasabah untuk mengakses dan bertransaksi melalui mobile banking .

Direktur Konsumer Bank BNI Corina Leyla Karnalies menyuarakan beberapa fitur tersebut antara asing pemanfaatan biometrik untuk akses mobile banking BNI, referral dan kabar poin loyalty, hingga kemudahan transfer dan metode pengiriman dana melalaikan fitur bertajuk dikado untuk infak.

“Kami juga terus memperkaya list fitur pembayaran tagihan, ” katanya kepada Kontan. co. id, Rabu (4/11).

Baca Juga: Agar laba tidak kian tergerus, bank makin rajin mengejar komisi

Bank berlogo 46 ini juga bakal meluncurkan beberapa fitur perdana maupun penyempurnaan fitur eksisting. Jarang lain pembayaran melalui Quick Response Indonesian Standard (QRIS) dengan sumber dana kartu debit. “Ada selalu fitur lupa user id untuk pengguna yang sudah lama tak login, ” kata Corina.

Tentunya, pemanfaatan teknologi juga dipakai BNI untuk memperbanyak transaksi nasabah melalui berbagai program promosional untuk nasabah maupun internal BNI untuk penguatan kegiatan sales. “Kami juga memanfaatkan big data dan integrasi antara solusi yang dimiliki BNI untuk cross selling BNI mobile Banking, ” tuturnya.

Fitur terbaru mobile banking BNI yaitu transaksi transfer uang ke semua bank pada dunia yang tergabung dalam jaringan SWIFT, untuk memperkuat cakupan bisnis internasional BNI. Sederet strategi tersebut pun berhasil membawa transaksi mobile banking BNI tumbuh pesat.

Terekam per September 2020 total nasabah mobile banking BNI sudah berjumlah 6, 79 juta, naik 56, 7% secara year on year (yoy). Dengan nilai transaksi dengan mencapai Rp 335 triliun naik 80, 4% yoy dan jumlah transaksi menembus 211 juta terangkat 48, 1% secara tahunan.

Tidak kalah, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) juga melakukan ide serupa. Bank swasta terbesar tersebut juga memandang layanan digital memang sudah menjadi satu keharusan.

Patuh Direktur BCA Santoso Liem, pihaknya sudah menghadirkan tiga fitur digital yang dinilai paling relevan pada masa pandemi. Pertama, QR dalam BCA Mobile yang dapat digunakan untuk transaksi nasabah lewat pembalasan QRIS. Kedua, fitur tarik tunai tanpa kartu (cardless) di BCA mobile.

Ketiga, fitur debit online yang merupakan fitur dari kartu debit BCA Mastercard untuk memudahkan pembayaran di berbagai situs pelaksanaan atau layanan online.

“Di tengah tantangan pandemi ini, BCA tetap mendorong nasabah untuk mengoptimalkan penerapan digital banking, ” jelas Santoso. Hal ini juga berhasil mendorong transaksi mobile banking BCA terbang 28, 4% hingga menembus Rp 1. 891 triliun. Sementara internet banking meningkat 4, 1% yoy menjadi Rp 8. 101 triliun.

Senada, Direktur Konsumer PT Bank CIMB Niaga Tbk Lani Darmawan mengtakan, CIMB Niaga juga konsisten meluncurkan beberapa fitur baru maupun perbaikan layanan transaksi mobile banking nasabah. Misalnya teraru, nasabah CIMB Niaga bisa melakukan pembayaran dakwaan kartu kredit dengan menggunakan reward poin dan mengakses rekening hp ke tabungan.

“Masih banyak untuk bulan ini di OctoMobile (Mobile Banking CIMB Niaga) fitur gres seperti live chat, pembayaran servis masyarakat seperti baiya passport, KUA, bea cukai dan banyak teristimewa, ” jelasnya.

Fitur-fitur tambahan seperti layanan bagi nasabah yang mencari properti, pembayaran pajak, pendidikan tenggat donasi juga sudah dilengkapi pada mobile banking CIMB Niaga. Hasilnya, menurut Lani transaksi digital CIMB Niaga bisa tumbuh sebesar 50% secara yoy di kuartal III 2020. Kisi-kisinya, ke depan CIMB Niaga akan mengembangkan transaksi pembalasan dan pembelian bagi nasabah CIMB Niaga.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Pertolongan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berisi dan bermanfaat.

Jadi ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai dana yang bisa digunakan berbelanja pada KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong15deng –>
BANK

gong15deng –>