Posted in: Info

Jelang rilis neraca dagang, simak rekomendasi saham hari ini

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Ruang Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi dapat lanjutkan penguatan pada perniagaan Selasa (15/9). Kemarin, indeks lulus menguat 2, 89% ke tangga 5. 161, 828.

Direktur Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Kejayaan menilai, menjelang rilis data perekonomian neraca perdagangan pada hari itu akan turut mewarnai pergerakan IHSG. William mensinyalir, data trade balance masih akan berada dalam situasi stabil.

Dia memproyeksikan hari tersebut IHSG berpotensi menguat terbatas di rentang 5. 016 – 5. 202. Hanya saja, pola garit IHSG terlihat sedang berusaha muncul dari rentang konsolidasi wajarnya. Ideal kenaikan yang terjadi hingga masa ini pun masih bersifat teknikal rebound.

Baca Juga: Saham-saham yang menyelap daftar koleksi asing saat IHSG menguat kemarin, Senin (14/9)

Pada perdagangan hari ini, saham-saham pilihan William Surya antara lain saham emiten konstruksi dan properti seperti PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), PT Pertolongan Marga Tbk (JSMR), PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), hingga saham grup Astra seperti PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) & PT Astra International Tbk (ASII).

Saham PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) juga menjelma rekomendasi saham hari ini.

Analis MNC Sekuritas Aqil Triyadi memperhitungkan, data neraca perdagangan juga hendak menyetir gerak IHSG hari itu. Jika data tersebut membaik, maka akan berpotensi mendorong pergerakan IHSG.

Namun sebaliknya jika data penimbang perdagangan tidak lebih baik (dari periode sebelumnya) maka akan menjelma sentimen negatif untuk pasar.

Sebagai gambaran, neraca perdagangan sepanjang Januari 2020 hingga Juli 2020 terekam surplus. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), surplus neraca dagang Indonesia sebesar US$ 8, 75 miliar.

Surplus neraca perdagangan tersebut didorong oleh surplus neraca kulak pada Juli 2020. Surplus penimbang dagang pada Juli 2020 mencapai US$ 3, 26 miliar, menyusun dibandingkan dengan surplus pada Juni 2020 yang hanya US$ 1, 27 miliar.

Menangkap Juga: Tahan banting, begini rekomendasi saham sektor barang konsumsi

Selain data neraca perdagangan, rilis bahan penjualan ritel ( retail sales ) China yang diperkirakan membaik juga menjadi hati IHSG hari ini. Dus, jikalau IHSG tidak mampu menembus level resistance di 5. 187, maka ada peluang IHSG akan terkoreksi terbatas menuju level support 5. 083 – 5. 055.

Namun, jika level resistance tersebut mampu tertembus, maka terbuka peluang penguatan IHSG akan berlanjut pada perdagangan hari ini.

Untuk perdagangan Selasa (15/9), Aqil merekomendasikan saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) di harga Rp 3. 300 – 3. 530, PT Barito Pacific Tbk (BRPT) di harga Rp 725 – Rp 860, dan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) di harga Rp 1. 105 – Rp 1. 175.

DONASI, Bisa Voucer Gratis!
Dukungan Anda mau menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
REKOMENDASI SAHAM

gong9deng –>