Posted in: Info

Jokowi minta pelaksanaan Pilkada serentak mendatangkan aspek keamanan Covid-19

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Presiden Joko Widodo meminta pelaksanaan Pemikihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak menekankan bagian keamanan. Terutama keamanan dalam pencegahan penularan virus corona (Covid-19).

Dalam tengah pandemi Covid-19, Pilkada berbarengan di 270 daerah akan dijalankan pada Desember 2020 mendatang. “Ada dua hal yang jadi lagu utama bahwa Pilkada 2020 harus berkualitas dan juga aman covid, ” ujar Jokowi saat mengambil rapat terbatas di Istana Merdeka, Rabu (5/8).

Baca Juga: Ini subsektor industri ritel yang paling terdampak Covid-19 di Indonesia

Jokowi menekankan aspek kesehatan tubuh dan keselamatan harus menjadi prioritas. Hal itu ditekankan bagi peserta, petugas, dan juga pemilih.

Aturan kesehatan pencegahan penularan Covid-19 perlu diterapkan dalam tiap kegiatan Pilkada. Sehingga nantinya Pilkada tak menjelma klaster penularan baru Covid-19. “Sehingga tidak nantinya menimbulkan klaster pertama atau gelombang baru dari covid yang kontra produktif, ” nyata Jokowi.

Jokowi menyampaikan di sejumlah negara telah melakukan Pilkada dalam tengah pandemi. Antara lain adalah Singapura, Jerman, Perancis, dan Korea Selatan. “Tentu saja ini juga menjadi momentum yang baru buat menampilkan cara-cara baru berpilkada, ” jelas Jokowi.

Mengucapkan Juga: Wah, Jokowi siap beri bantuan Rp 600. 000 selama 6 bulan ke pegawai swasta

Jokowi juga menekankan kesiapan perkiraan dalam pelaksanaan Pilkada 2020. Berdasarkan keterangan Menteri Dalam Negeri sebelumnya, pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi Covid-19 memerlukan tambahan biaya buat pelaksanaan protokol kesehatan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Jadi ungkapan terimakasih atas perhatian Kamu, tersedia voucer gratis senilai sumbangan yang bisa digunakan berbelanja dalam KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong13deng –>
PILKADA

gong13deng –>