Posted in: Info

Jumlah UKM mie ayam tersertifikasi halal binaan Bogasari naik dua kala lipat di 2020

Jackpot hari ini Result Sidney 2020 – 2021.

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Kala kedua, PT Indofood Sukses Mampu Tbk Divisi Bogasari berhasil membangun pengurusan sertifikat jaminan halal UKM mie ayam mitra binaannya.

Tarikh ini jumlah UKM binaan Bogasari yang meraih sertifikat halal naik dua kali lipat yaitu sebanyak 50 UKM mie ayam dibanding sebelumnya hanya 20 UKM.

Para UKM mie ayam yang tersertifikasi halal ditahun ini merupakan anggota Paguyuban Mie Tunggalrasa Garamiro dan Paguyuban Mie Ayam Surabaya (PAMAS).

Erwin Sudharma, Wakil Kepala Divisi Bogasari menyampaikan, dengan dimilikinya surat halal para UKM mitra binaan dapat lebih berkembang terutama dalam tengah pandemi saat ini. Sertifikasi halal disebut jadi komponen dengan memberi nilai tambah dari suatu produk.

“Banyak tempat-tempat penjualan grosir supermarket yang mengisyaratkan kewajiban adanya sertifikasi halal. Dengan sertifikasi legal ini semoga UKM binaan kita akan semakin kuat dibanding para-para pemain yang lain, ” prawacana Erwin dalam Konferensi Pers Maya Penyerahan Sertifikasi Halal kepada UKM mie ayam mitra binaan Bogasari, Rabu (23/12).

Baca Juga: Bisnis Agregasi Indofood tetap bertumbuh di sedang tekanan pandemi covid-19

Erwin juga menyebut, selain jumlah UKM yang dijembatani sebab Bogasari dalam sertifikasi halal meningkat, cakupan wilayah UKM mitra dengan dapatkan sertifikat halal juga menggembung.

Jika 2019 lalu sertifikasi legal UKM binaan Bogasari hanya mencakup di wilayah Jakarta. Kini, pamflet lokasi usaha para UKM yaitu 22 UKM asal Jakarta, Tangerang, dan Bekasi (Jatabek) dan 28 UKM lainnya dari beberapa praja di Jawa Timur yakni Surabaya, Malang, Kediri, Sidoarjo, Banyuwangi, Pasuruan, Ponorogo, Madiun, dan kota yang lain. Total seluruh biaya pengurusan sertifikasi halal yaitu sekitar Rp 135 juta dan ditanggung Bogasari.

Erwin menjelaskan, berbeda dengan tahun 2019, proses pengurusan halal 50 UKM ini digelar secara virtual, elok saat pelatihan jaminan halal serta audit oleh tim auditor sebab Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, serta Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Seluruh proses pengurusan legal ini dikoordinasikan Bogasari dengan LPPOM MUI wilayah DKI Jakarta, untuk dikoordinasikan dengan daerah lainnya.

Diharapkan tahun depan upaya Bogasari menolong sertifikasi halal mitra binaannya, sanggup lebih luas lagi hingga ke UKM mitra binaan di zona bakery, roti, martabak dan lainnya.

Erwin mengatakan bahwa, jumlah penggunaan tepung terigu dari masing-masing daya 50 UKM mie penerima sertifikat ini beragam, mulai dari 8 sak atau 200 kg per bulan hingga ada yang 75 ton per bulan.

Maka, total jumlah pemakaian terigu 50 UKM tersebut bisa mencapai 600 ton per bulannya. Sementara serapan gaya kerja dari 50 UKM ini bisa mencapai 5. 300 praktisi.

“Harapannya usahanya bisa maju jauh lebih berkembang. Karena dengan kemajuan UKM di industri mie mandung akan mendorong pertumbuhan di industri-industri UKM lainnya seperti ada industri ayam dari para peternak mandung, industri bawang, cabe, bumbu, rempah-rempah. Ada multiplayer disana, ” introduksi Erwin.

Pandiono, Ketua Paguyuban Mie Tunggalrasa Garamiro Jakarta menyampaikan sebelumnya para UKM mie ayam mampu dikatakan kurang memahami proses serta syarat dari sertifikasi halal.

Baca Juga: Kinerja Grup Indofood tetap solid mencatat pertumbuhan hingga kuartal III 2020

Hal tersebutlah yang membuat banyak UKM mengurungkan niat dalam pengajuan sertifikasi halal di LPPOM MUI. Dengan adanya bantuan pengurusan sertifikasi legal dari Bogasari, Pandiono menyebut UKM merasa terbantu.

“Rekan-rekan UKM awak itu kurang paham dari norma yang disampaikan, misalnya kayak audit. Ketika UKM mendengar kata audit itu sudah sangat wah tersebut gimana nih, audit kesannya membentuk kayak seperti apa gitu, akan tetapi setelah dijelaskan mereka baru melakoni bagaimana proses dan syaratnya, ” ungkap Pandiono.

Sekadar informasi, tersedia 2 sertifikat yang didapat para-para UKM, yakni Sertifikat Ketetapan Halal dan Sertifikat Jaminan Halal. Kedua sertifikat dari LPPOM MUI tersebut berlaku dari 4 November 2020 sampai 3 November 2021.

DONASI, Dapat Voucer Percuma!
Dukungan Anda akan menambah spirit kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas menjawab Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

. bg-color-linkedin background-color: #0072b1; /*artikel selanjutnya popup */. article__flex position: fixed;bottom: 60px;z-index: 9;display: -ms-flexbox;display: flex; background: #fff;box-shadow: 0 0 6px rgba(0,0,0,.2);flex-wrap: nowrap; border-radius: 5px;overflow: hidden;height: 70px;. article__box flex-grow: 1;position: relative; width: calc(100% – 70px);padding: 15px 15px 0 10px;display: -ms-flexbox; display: flex;flex-wrap: wrap;align-items: center;align-content: center;. article__img img. imej width: 90px !important; height: 70px !important; object-fit: cover; . article__subtitle position: absolute;top: 10px;left: 10px;display: block; width: calc(100% – 80px);overflow: hidden;font-size: 10px;line-height: 1;color: #2a2a2a;. article__title a. article__link display: block; font-family: Roboto,sans-serif; line-height: 1.3; color: black; letter-spacing: 0px;. article__title a: hover color: #f38d21;. article__title display: block;font-size: 14px;font-weight: 700;color: #000; height: auto;max-height: 37px;overflow: hidden;. showHide display:none; @media only screen and (min-width: 800px) .article__flexbottom: 99px; max-width: 607px; height: 85px; .article__subtitle font-size: 12px; .article__title display: block;font-size: 18px;max-height: none; .article__img img.imejwidth: 110px !important; height: 85px !important; margin-top: 0px; margin-bottom: 0px; /*END OF- artikel selanjutnya popup */

<! —

–> <! —

Video Pilihan gong9deng –>
<! —

CSR

gong9deng –>