Posted in: Info

Kunjungi Pelabuhan Tanjung Priok, Kepala BKPM pastikan aktivitas ekonomi berjalan

Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . Besar Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengunjungi PT Pangkalan Indonesia (Pelindo) II/ IPC. Anjangsana dilakukan untuk meninjau aktivitas bongkar muat barang ekspor dan memasukkan di Pelabuhan Tanjung Priok Jumat (2/10). Kepala BKPM ingin menguatkan bahwa aktivitas kepelabuhanan tetap mampu berjalan walaupun mengalami perlambatan akibat pandemi Covid-19.

Dalam kunjungan itu, Kepala BKPM diterima oleh Eksekutif Utama IPC Arif Suhartono. Besar BKPM Bahlil Lahadalia menyampaikan karakter strategis IPC bagi investasi, yaitu dalam hal kemudahan arus barang impor dan ekspor bagi metode produksi sebuah perusahaan.  

“Saya mendengar dari Pak Dirut IPC, walau arus barang ekspor memasukkan mengalami penurunan akibat pandemi, aliran barang domestik justru mengalami eskalasi. Ini sinyal yang bagus. Berarti ada ketahanan ekonomi lokal dalam Indonesia. Harus didukung itu, ” kata Bahlil dalam keterangan resmi yang diterima Kontan. co. id, Senin (5/10).  

Baca Juga: Omnibus Law Ciptaker disahkan, pemerintah segera bentuk sovereign wealth fund

Dia bilang, tanda positif ekonomi di daerah dengan masih bergeliat, harus direspon sebab pemerintah dan diberikan dukungan bersifat kemudahan seperti insentif fiskal. Selain itu, BKPM juga akan mendorong upaya IPC untuk meningkatkan penerapan produk dalam negeri di kala pandemi ini.  

Hal itu sejalan dengan semangat pemerintah menggalakkan program peningkatan Tingkat Komponen Pada Negeri (TKDN) di perusahaan.  

“Masa pandemi ini dapat menjelma kesempatan besar untuk meningkatkan TKDN dan mengembangkan industri lokal. Mari kita bangun optimisme dan kreativitas agar kita tidak terpengaruh penuh dari pandemi ini, ” perkataan dia.  

Dalam kesempatan yang serupa, Direktur Utama IPC Arif Suhartono menyambut baik kunjungan Kepala BKPM. Momen ini menjadi kesempatan IPC untuk menunjukkan komitmen perusahaan membantu perekonomian nasional dengan tetap menganjurkan pelayanan kepelabuhanan tanpa terganggu pandemi.

“Kami menyambut baik kunjungan Bapak Kepala BKPM. Selama masa pandemi dan pemberlakuan PSBB (Pembatasan Baik Berskala Besar), IPC selalu siap untuk memberikan pelayanan aktivitas pelabuhan yang terbaik. Ini merupakan periode dari peran kami sebagai tulang punggung konektivitas perdagangan antar pulau di Indonesia. Kami juga mempercepat proses transformasi digital di seluruh lini kegiatan dan proses bisnis, khususnya pada aktivitas perdagangan, ” ujar Arif.  

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah karakter kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas menghiraukan Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
BKPM

gong9deng –>