Posted in: Info

Makna emas hingga CPO diproyeksi akan atraktif pekan ini

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T. Rahmawati

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Harga sebesar komoditas diproyeksikan bakal atraktif pasar ini, mulai dari emas, nikel, hingga minyak sawit mentah ataupun crude palm oil (CPO). Hanya selalu, komoditas lain seperti minyak anom jenis West Texas Intermediate (WTI) akan diperdagangkan mixed pekan ini mengingat  adanya katalis dua sisi.

Analis Mirae Asset Sekuritas Andy Wibowo Gunawan mengatakan risiko penurunan  (downside risk) harga WTI akan datang dari gambaran yang lebih tinggi untuk buatan minyak harian Amerika Serikat (AS). Sementara upside risk akan muncul lantaran permintaan minyak AS yang bertambah tinggi. “Sebaliknya, kami memperkirakan harga batubara global akan menarik, memikirkan beberapa katalis positif untuk minggu ini, ” tulis Andy dalam riset, Selasa (13/10).

Mirae Asset juga memprediksi harga nikel ijmal akan menarik minggu ini, memikirkan estimasi persediaan (inventory) nikel di pura London Metal Exchange (LME) dengan lebih rendah dan estimasi yang lebih tinggi untuk data memasukkan tembaga China periode September. Di sisi lain, Andy memperkirakan harga timah dunia akan kurang memikat pekan  ini karena adanya katalis dua sisi.

Namun, Andy memperkirakan harga emas global kemungkinan luhur akan bersinar pekan ini sesudah Presiden AS Donald Trump membuktikan keinginannya untuk memberi stimulus dengan lebih besar dalam waktu dekat.

Baca Juga: Harga emas spot naik tipis di US$ 1. 892, 93 per ons troi

Hal yang cocok juga akan terjadi pada produk CPO. Secara keseluruhan, menurut Mirae Asset, harga CPO global akan terus menguat yang ditunjang kira-kira katalis positif. Produksi CPO Malaysia periode September naik menjadi satu, 87 juta ton, dari bulan sebelumnya sebesar 1, 86 juta ton.

Namun, produksi CPO Malaysia di periode September tersebut berharta di bawah perkiraan konsensus yaitu sebesar 1, 96 juta ton. Dari sisi permintaan, Andy tahu ekspor CPO Malaysia untuk periode September sedikit meningkat menjadi 1, 61 juta ton,   daripada sebelumnya sebesar  1, 58 juta ton pada bulan Agustus.    

Baca Serupa: Bursa Asia damai melemah pada pertengahan pekan ini.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Jadi ungkapan terimakasih atas perhatian Kamu, tersedia voucer gratis senilai pemberian yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong11deng –>
REKOMENDASI SAHAM

gong11deng –>