Mengelola jarak, cara paling efektif menyekat transmisi virus corona
Posted in: Info

Mengelola jarak, cara paling efektif menyekat transmisi virus corona

KONTAN. CO. ID – Para ahli kesehatan tak hanya berusaha untuk mencari vaksin,   juga cara agar klub tak mudah tertular virus corona baru. Hasil penelitian menunjukkan, menjaga jarak masih jadi salah utama cara yang paling efektif.

Mengutip dari ibtimes. co. uk , hasil penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of The National Academy of Sciences . Hasilnya, jaga jarak dengan orang lain semasa pandemi efektif mencegah penyebaran virus corona baru.

Para peneliti dari Simon Fraser University mengembangkan model studi buat menguji efektivitas pencegahan tersebut. Rencana dalam penelitian itu menggunakan kata “event R” untuk menunjukkan seberapa banyak individu yang tertular virus corona dari seseorang dalam suatu acara.

Studi tersebut juga memerhatikan beberapa faktor yang berpengaruh kepada infeksi virus corona. Faktor-faktor tersebut adalah durasi paparan, intensitas penyaluran, suhu, dan jarak tiap pribadi. Peneliti juga melihat data yang melibatkan perkumpulan di klub suangi, pesta, dan restoran.

Baca Juga: Pasti terapkan protokol kesehatan ketat era menghadiri undangan rapat

Baca Juga:   Kasus corona melonjak lagi, kenali gejala Covid-19 dan cara pencegahan

Faktor utama yang memungkinan individu terinfeksi virus corona adalah tingkat transmisi dan periode paparan. Artinya, waktu yang dihabiskan individu di sebuah acara besar pada kemungkinannya terkena Covid-19.

Hasil penelitian dikategorikan menjadi dua, yakni saturating dan linear. Tempat-tempat yang tergolong dalam saturating atau prospek transmisi tinggi adalah klub suangi, bar, dan tempat kerja dengan pegawai yang terlalu banyak.

Sedangkan tempat yang termasuk dalam linear atau tempat dengan tingkat transmisi rendah adalah pengguna transportasi ijmal yang menggunakan masker, aktivitas pada luar ruangan, dan restoran dengan menerapkan jaga jarak.

Para peneliti menyebutkan, jaga jarak merupakan jalan paling efektif untuk menghindari virus corona. Meski demikian, efektivitas itu masih dipengaruhi oleh tinggi atau rendahnya tingkat transmisi.

Selain mengelola jarak, masyarakat diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan lainnya secara peraturan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

gong2deng –>

Editor: Belladina Biananda