Posted in: Info

Mengenal SFF, pasukan khusus India yang anggotanya sebagian orang Tibet

Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID – Kematian seorang anggota pasukan khusus India asal Tibet dalam ledakan ranjau di dekat perbatasan yang berkobar dengan pasukan China, membuka fakta yang langka tentang sekelompok elit prajurit dataran tinggi yang tidak banyak dikenal.

Tenzin Nyima tewas dan seorang tentara komando lainnya terluka parah dalam ledakan di dekat pantai Danau Pangong Tso di Himalaya Barat, tiga pejabat pemerintah India dan dua anggota keluarganya mengatakan kepada Reuters.

Pasukan India dan China hampir melakukan konfrontasi langsung di daerah itu selama akhir pekan lalu, karena klaim teritorial yang bersaing, menurut pemerintah kedua negara.

Nyima yang berusia 53 tahun adalah bagian dari Pasukan Khusus Perbatasan India (SFF), kata keluarganya dan tiga pejabat Pemerintah India. Pasukan tersebut merekrut sebagian besar pengungsi Tibet. 

Baca Juga: India kirim tentara ke perbatasan Timur dengan China, lokasi Perang 1962

Ratusan ribu pengungsi telah menjadikan India sebagai rumah mereka sejak Dalai Lama melarikan diri dari Tibet setelah pemberontakan yang gagal pada 1959. Beberapa di antaranya menjadi warga negara India.

Pasukan komando rahasia tersebut dibentuk segera setelah perang antara India dan China pada 1962 silam. Dua pejabat India memperkirakan, kekuatan SFF lebih dari 3.500 orang.

Amitabh Mathur, mantan penasihat Pemerintah India untuk urusan Tibet, mengungkapkan, SFF adalah “pasukan penekan, terutama dalam konteks pendakian gunung dan peperangan di dataran tinggi”.

“Kalau memang mereka (SFF) dikerahkan, saya tidak heran. Masuk akal untuk menerapkannya di ketinggian. Mereka adalah pendaki gunung dan komando yang hebat,” sebut Mathur ke Reuters.

Baca Juga: Hubungan dengan China panas lagi, India larang 118 aplikasi termasuk PUBG

Perang lawan Pakistan