Menyimak manfaat menyusi bagi kesehatan ibu pasca melahirkan
Posted in: Info

Menyimak manfaat menyusi bagi kesehatan ibu pasca melahirkan

LANGSUNG. CO. ID – Menyusui adalah aktivitas penting untuk ibu dan bayi. Ini menjelma salah satu proses alami yang akan dilalui ibu dan si buah hati. Bagi bayi, menyusui adalah insting untuk memenuhi keinginan nutrisi.

Namun, ternyata, menyusui tidak hanya punya manfaat kesehatan untuk bayi tapi juga bagi pokok. Manfaat kesehatan ini tidak terlepas dari proses produksi air susu ibu (ASI).

Merangkum dari Healthline dan Web MD, berikut beberapa manfaat istimewa menyusui bagi ibu.

Baca Juga: Petunjuk menyusui yang aman saat pandemi Corona dari UNICEF

1. Menurunkan berat badan

Zaman hamil 9 bulan, ibu akan mengalami kenaikan berat badan. Sering kali, saat melahirkan, bobot awak tidak langsung kembali seperti awal.

Menyusui menjadi salah satu cara untuk membantu ibu menurunkan mengandung badan. Hal ini berkaitan dengan kalori yang dibakar oleh pokok yang menyusui bayinya.

Meski sejenis, tidak semua ibu menyusui merasai penurunan berat badan. Bahkan, kira-kira ibu mungkin mengalami kenaikan bobot tubuh.

Alasan mengapa hal itu dapat terjadi adalah keseimbangan hormonal tubuh yang sangat berbeda. Kaum penelitian membuktikan bahwa pada 3 bulan pertama, ibu menyusui barangkali sedikit lebih sulit menurunkan berat badan atau bahkan justru menemui kenaikan.

Namun, setelah bulan ketiga menyusui, ibu biasanya akan mengalami peningkatan pembakaran lemak yang membuatnya mengalami penurunan berat badan lebih banyak dibanding ibu tidak menyusui.

Baca Juga: Ini efek samping kurkuma bila dikonsumsi berlebihan

2. Membantu kandungan kembali ke ukuran semula

Selama kehamilan, rahim tumbuh dengan sangat pesat sebab seukuran buah pir hingga memenuhi seluruh ruang di perut.

Setelah melahirkan, rahim akan mengalami metode involusi yang membantunya kembali ke ukuran semula. Proses ini penuh dipengaruhi oleh hormon oksitosin.

Menyusui sendiri memiliki efek peningkatan oksitosin dalam darah. Hal ini kemudian yang mendorong involusi rahim lebih cepat.

gong2deng –>

Editor: Noverius Laoli