Posted in: Info

Neraca perdagangan surplus, Kemendag dorong peningkatan produksi dalam negeri

Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN. CO. ID porakporanda JAKARTA . Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto, mengatakan, surplus neraca perniagaan selama Januari – September 2020 memberikan sinyal positif kinerja perdagangan di tengah pandemi covid-19.

Agus mengatakan, dengan surplusnya neraca perdagangan maka dapat memberikan motivasi untuk pelaku usaha dalam negeri serta membantu dalam pemulihan ekonomi nasional.

“Pengaruh dalam pemulihan ekonomi nasional memberikan motivasi bagi pelaku daya dalam negeri, ” kata Agus di Graha BNPB, Senin (9/11).

Agus mengatakan, surplus tersebut menunjukkan baiknya kinerja perdagangan selama 2020. Ia menyebut, defisit neraca perdagangan hanya terjadi di Januari & April. Namun Mei – September surplus perdagangan memiliki tren yang sangat meningkat.

Menangkap Juga: Cadangan devisa diperkirakan mencapai US$ 137 miliar hingga akhir tahun 2020

“Secara kumulatif neraca dagang dari Januari – September 2020 surplus US$ 13, 5 miliar, ” ujar dia.

Agus mengatakan, hal Ini melampaui capaian kinerja pada tahun 2017 & merupakan capaian tertinggi sejak 2012. Beberapa komoditas yang mempengaruhi ekses terutama ekspor non migas yang mengalami kenaikan di September 2020.

Antara lain bijih besi & baja, lemak dan minyak hewan nabati, kendaraan beserta part mungkin, mesin dan perlengkapan elektrik, beserta plastik dan barang plastik.

“Kelima produk tersebut memiliki pangsa ekspor 34, 02% dari total ekspor non migas Indonesia pada September 2020, ” ungkap dia.

Baca Juga: Kata analis terkait aksi net buy asing di BEI secara nilai jumbo sepekan terakhir

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Sokongan Anda akan menambah semangat saya untuk menyajikan artikel-artikel yang berisi dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Kamu, tersedia voucer gratis senilai dana yang bisa digunakan berbelanja dalam KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
NERACA DAGANG

gong9deng –>