Posted in: Info

Palang Merah kirim 43. 000 relawan untuk bantu Korut atasi corona dan banjir

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN. CO. ID –  SEOUL. Seorang pejabat Palang Merah mengatakan, pihaknya telah mengirim lebih dari 43. 000 sukarelawan ke Korea Melahirkan, termasuk ke kota Kaesong yang sedang dikunci (lockdown), untuk membangun memerangi virus corona baru dan memberikan bantuan banjir.

Reuters memberitakan, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengumumkan keadaan darurat bulan lalu dan memberlakukan penguncian di wilayah Kaesong, dekat perbatasan antar-Korea, setelah seorang pria yang membelot ke Daksina pada tahun 2017 kembali ke kota tersebut dan menunjukkan gejala virus corona.

Hujan deras serta banjir dalam beberapa hari final juga memicu kekhawatiran tentang kerusakan tanaman dan persediaan makanan dalam negara yang terisolasi itu.

Baca Juga: Corona di Korea Utara: Kim Jong Un minta bantuan istimewa dikirim ke Kaesong

Menurut juru bicara Liga Internasional Palang Merah dan Kamar Sabit Merah (IFRC) Antony Balmain, para sukarelawan membantu warga Korea Utara di sembilan provinsi buat menghindari virus dan melindungi muncul dari banjir dan tanah longsor.

“Ratusan rumah rusak dan beberapa besar sawah terendam akibat abu lebat dan banjir bandang, ” kata Balmain.

Mengaji Juga: Laporan PBB menyebutkan Korea Utara kembangkan nuklir mini untuk rudal balistiknya

Di Kaesong, yang bergulat dengan penguncian dan banjir, sukarelawan IFRC memberikan bantuan kepada 2. 100 keluarga paling berisiko termasuk terpal, peralatan dapur, bungkus, perlengkapan kebersihan dan wadah tirta.


–> Video Pilihan gong13deng –>
KOREA UTARA

gong13deng –>