Posted in: Info

Pemangkasan izin diyakini akan betot keinginan pengusaha properti

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Pengamat properti Aleviery Akbar menilai pemangkasan izin dalam mendirikan bangunan akan menjadi daya tarik bagi pengusaha properti.

Selama ini pengembangan properti di Nusantara kerap terbentur dengan banyaknya kerelaan yang diperlukan. Sehingga pemangkasan hendak mempermudah proses pelaku usaha menyelenggarakan pembangunan gedung.

“Jika investor kekayaan yang dimaksud adalah developer atau pengusaha properti baik lokal maupun aneh tentu akan sangat menguntungkan, ” ujar Aleviery saat dihubungi Kontan. co. id, Jumat (13/11).

Baca Juga: Asyik, guru honorer dapat subsidi gaji Rp 2, 4 juta mulai bulan ini

Asal tahu saja, di dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) sebagai aturan turunan UU nomor 11 tentang Cipta Kerja di zona Pekerjaan Umum dan Perumahan Anak buah (PUPR), persyaratan yang sebelumnya diperlukan saat membangun bangunan gedung dihilangkan.

RPP tersebut menggantikan PP bagian 36 tahun 2005 tentang Sistem Pelaksana UU nomor 28 tarikh 2002 tentang Bangunan Gedung. Di pasal 8 disebutkan bahwa setiap bangunan gedung harus memenuhi persyaratan administratif dan persyaratan teknis sebati dengan fungsi bangunan gedung.

Persyaratan administratif sebelumnya berkaitan dengan benar atas tanah, kepemilikan gedung, serta Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Gedung. Sementara persyaratan teknis terdiri daripada persyaratan tata bangunan gedung dan persyaratan keandalan bangunan gedung.

Situasi tersebut digantikan dengan standar teknis. Meski begitu nantinya pemerintah kawasan akan melalukan penilikan setiap fase untuk memastikan pemenuhan standar itu. “Persyaratan diganti dengan standar teknis, ini akan mempermudah, ” ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Sumadilaga.

Baca Juga: Negeri menjual SUN total Rp 270, 03 triliun ke Bank Nusantara untuk burden sharing

Meski persyaratan dihilangkan, pelaku usaha tetap harus memiliki persetujuan bangunan gedung. Sehingga persetujuan tersebut yang akan menjadi dasar melihat pembangunan gedung.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Pertolongan Anda akan menambah semangat saya untuk menyajikan artikel-artikel yang berisi dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Kamu, tersedia voucer gratis senilai pemberian yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
INDUSTRI PROPERTI

gong9deng –>