Posted in: Info

Pengerjaan corona sudah baik, Jokowi: Tanpa dirusak karena penegakan hukum tak tegas

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Khomarul Hidayat

LANGSUNG. CO. ID – JAKARTA . Presiden Joko Widodo (Jokowi) menodong penegakan hukum yang tegas di penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan virus corona (Covid-19).

Sebab, Jokowi menyebut, Indonesia telah mencapai buatan baik dalam penanganan Covid-19. Kejadian itu dilihat dari angka sama kasus aktif Covid-19 di Indonesia sudah berada pada angka 12, 82% yang jauh lebih lembut daripada rata-rata kasus aktif dunia yang mencapai 27, 85%.

Sama kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia juga dinilai Jokowi sangat elok. Angka rata-rata kesembuhan di Indonesia 83, 92%, jauh lebih molek dibandingkan dengan angka kesembuhan dunia di angka 69, 73%.

“Angka-angka yang bagus ini jangan sampai rusak gara-gara kita kehilangan fokus kendali karena tidak berani menjemput tindakan hukum yang tegas dalam lapangan, ” ujar Jokowi pada rapat terbatas di Istana Lepas, Senin (16/11).

Mengucapkan Juga: Bertemu Jokowi, Komnas HAM bahas penyelesaian peristiwa konflik agraria

Jokowi menekankan, keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi. Oleh karena itu, langkah hukum yang tegas diperlukan termasuk dalam membubarkan kerumunan.

Dia meminta agar kepolisian bersama TNI dan Satgas Penanganan Covid-19 sanggup melakukan penegakan hukum yang bahana. Tindakan perlu dilakukan tak hanya dengan imbauan.

“Jadi jangan cuma sekadar imbauan, tapi harus diikuti dengan pengawasan dan penegakan preskripsi secara konkret di lapangan, ” terangnya.

Tidak hanya kepada Polri, TNI, dan Satgas Penanganan Covid-19, Jokowi juga minta penegasan dikerjakan oleh kepala daerah. Hal itu ia sampaikan melalui Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

“Saya pula minta kepada Menteri Dalam Negeri untuk mengingatkan, kalau perlu menyadarkan, kepala daerah baik gubernur, tumenggung, maupun wali kota untuk bisa memberikan contoh-contoh yang baik pada masyarakat, jangan malah ikut berkerumun, ” jelas Jokowi.

Asal tahu saja berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 hingga hari ini ada 470. 648 kasus positif Covid-19 di Indonesia. Dari angka tersebut sebanyak 395. 443 sembuh serta 15. 296 meninggal dunia.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan berguna.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
VIRUS CORONA

gong9deng –>