Posted in: Info

Prakerja gelombang keempat diumumkan hari ini, simak tahap selanjutnya

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Peserta yang dinyatakan lolos Program Kartu Prakerja gelombang keempat akan diumukan pada Minggu (16/8). Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, pihaknya saat ini tengah fokus memberikan notifikasi melalui SMS kepada para peserta yang dinyatakan lolos.

Adapun peserta yang lolos pada gelombang keempat sebanyak 800.000 orang dari total pendaftar 1,2 juta orang. “Hari ini fokus kami adalah mengirimkan SMS kepada 800.000 pendaftar gelombang 4 yang lolos menjadi penerima Kartu Prakerja,” kata Lousia kepada Kompas.com, Minggu (16/8).

Dia memastikan bahwa seluruh SMS notifikasi akan dikirimkan kepada seluruh peserta yang lolos pada hari ini. “Jamnya (waktu pengumuman atau pengiriman notifikasi) akan bervariasi tetapi hari ini SMS akan terkirim semua,” ujar dia.

Peserta lolos selanjutnya diminta untuk membuka dashboard masing-masing di situs Prakerja untuk mendapatkan nomor Kartu Prakerja dan langkah-langkah yang bisa dilakukan selanjutnya, termasuk pembelian pelatihan yang diinginkan.

Baca Juga: Perbaiki Tata Kelola Agar Kelanjutan Kartu Prakerja Tak Lagi Bermasalah

Bagaimana tahapan programnya?

Melansir informasi resmi dari Program Kartu Prakerja, berikut tahapan program ini.

1. Pendaftaran Peserta dapat masuk ke situs prakerja.go.id. Selanjutnya, membuat akun dengan data diri masing-masing.

2. Seleksi Setelah itu, peserta dapat mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk dapat bergabung ke gelombang pendaftaran. Peserta dapat menunggu pengumuman hasilnya.

3. Memilih pelatihan Jika lolos, peserta dapat memilih pelatihan di mitra platform digital resmi. Pelatihan ini dapat dibayar dengan Kartu Prakerja.

4. Mengikuti pelatihan Setelah memilih, peserta diminta menyelesaikan pelatihan online, hingga mendapatkan sertifikat elektronik.

5. Memberi ulasan dan rating Kemudian, peserta dapat memberikan ulasan dan rating terhadap pelatihan yang diikuti.

6. Intensif Setelah pelatihan diselesaikan, peserta akan mendapatkan intensif sebesar Rp 600.000 per bulan, selama empat bulan atau dengan total Rp 2,4 juta.

7. Intensif pasca survei kebekerjaan Peserta mengisi tiga survei yang diberikan pasca pelatihan. Masing-masing survei akan diberikan intensif sebesar Rp 50.000 atau dengan total Rp 150.000.

Baca Juga: Ingat! Pendaftaran kartu prakerja gelombang V dibuka siang ini untuk 800.000 orang

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Prakerja Gelombang 4 Diumukan Hari Ini, Bagaimana Tahapan Selanjutnya?
Penulis: Mela Arnani
Editor: Rizal Setyo Nugroho

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.