Posted in: Info

Produsen ganja asal Kanada Aphria mengakuisisi perusahaan bir AS senilai US$ 300 Juta

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN. CO. ID –  TORONTO. Pembuat ganja asal Kanada, Aphria Inc, sepakat mengakuisisi perusahaan bir Sweet Water Brewing Co senilai US$ 300 juta sebagai upaya kongsi ini menancapkan kaki di pasar Amerika Serikat (AS) yang masih terlarang bagi ganja Kanada.  

Ini merupakan kesepakatan besar baru yang terjadi di industri ganja yang melibatkan bir rumahan. CEO Aphria Irwin Simon mengatakan, kemufakatan itu akan memberi Aphria tanda yang dikenal di AS dan membantunya meluncurkan lini minuman THC di Kanada.

SweetWater, yang berbasis di Atlanta, membuat 420 Extra Pale Ale dan 420 tanda minuman lainnya yang meniru menikmati ekstrak ganja. Didirikan pada tahun 1997, perusahaan ini memiliki distribusi di 27 negara bagian & Washington.

Baca Pula: ​Mengenal Nevada, daerah yang jadi penentu kemenangan Joe Biden di Pemilu AS

Kesepakatan itu terdiri dari US$ 250 juta di dalam bentuk tunai dan US$ 50 juta dalam bentuk saham. Mahkamah pengurus Aphria telah menyetujui masukan itu dan proses akuisisi ditargetkan bisa rampung pada akhir tahun ini.

Kesepakatan silang antara pabrik minuman dan produsen ganja sebagian besar didominasi oleh perusahaan alkohol besar seperti kemitraan Anheuser Busch InBev dengan Tilray Inc serta akuisisi Constellation Brands Inc di dalam Canopy Growth Corp.

Transaksi Aphria membalikkan struktur kesepakatan yang sudah terjadi antara dua industri. Jika sebelumnya perusahaan minuman alkohol tumbuh yang berinvestasi di perusahaan ganja Kanada, kini sebaliknya perusahaan ganja Kanada yang berinvestasi di kongsi minumam  beralkohol.  

Transaksi tersebut mengikuti pemilu AS yang jadi membuat beberapa investor lebih pesimis tentang prospek perusahaan Kanada untuk masuk ke pasar ganja AS yang jauh lebih besar 

Baca Juga: IPO Ant Group ditunda, Jack Ma harus rela kehilangan Rp 43 triliun

“Saya pikir legalisasi akan terjadi dengan cara tertentu dan sekarang Aphria memiliki pijakan, ” sebutan Simon pada Bloomberg dilansir Kamis (5/11).   Hingga legalisasi betul-betul terjadi, dia bilang, Aphria bakal memiliki aset di AS yang tumbuh dan melengkapi bisnisnya.

Simon menambahkan, Aphria pada tahap kausa akan memperkenalkan merek ganja, sesuai Riff, Soleil dan Good Supply ke pasar AS sebagai minuman bebas ganja melalui produk SweetWater yang meniru produk flavor profiles .

Penjualan perusahaan tengah terpukul karena bar ditutup selama lockdown untuk mencegah penularan Covid-19. Minuman koktail kaleng siap menelan dan  minuman soda beralkohol atau seltzer keras seperti Truly dan White Claw mengikis pangsa pasar bir.  

 

 


–> Video Pilihan gong9deng –>
AKUISISI

gong9deng –>