Posted in: Info

Realisasi penyaluran KUR di mula tahun 2021 sudah pas besar

Jackpot hari ini Result HK 2020 – 2021.

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Handoyo.

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . Sekalipun pandemi Covid-19 belum sudah, permintaan Kredit Usaha Anak buah (KUR) cukup besar. Ini tercermin dari realisasi pembagian sepanjang awal tahun itu. Berdasarkan data Kemenko Perekonomian,   total KUR dengan telah tersalur sepanjang Januari hingga 1 April 2021 sudah mencapai  Rp 63, 13 triliun atau kira-kira 25% dari anggaran yang ditetapkan tahun ini.  

PT Bank Negeri Indonesia Tbk (BNI) terekam telah menyalurkan Rp 7, 1 triliun KUR sepanjang kuartal pertama tahun tersebut. Itu setara 22, 18% dari kuota yang diperoleh bank ini dari negeri tahun ini yakni Rp 32 triliun. Adapun PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) sebagai penyalur KUR terbesar di Tanah Tirta sudah Rp 26, 4 triliun hanya dalam zaman Januari-Februari atau 15, 5% dari kuota yang diterima. PT Bank Mandiri Tbk telah merealisasikan Rp 9, 59 triliun atau 30, 93% dari jatah dengan didapat yakni Rp 31 triliun.  

General Manager Bagian Bisnis Usaha Kecil dua BNI Bambang Setyatmojo mengutarakan, realisasi itu didukung oleh strategi yang telah dilakukan perseroan. Misalnya, dengan membuat klaster-klaster unggulan dan closed loop ecosystem unggulan yang sesuai dengan potensi di daerah-daerah dimana pelaku daya berada.  

Baca Juga: Targetkan pertumbuhan besar digit di kantor bagian luar negeri, begini desain BNI

Lalu, BNI mengoptimalkan value chain dari debitur nasabah perseroan segmen membuang dan korporasi, penggunaan tools digitalisasi, dan kerjasama dengan mitra strategis. “Penyaluran nilai pada mitra e-commerce datang dengan saat ini masih belum dominan. Namun, ami harap dengan semakin siapnya kami dan dengan adanya BNIMove, penyaluran kredit menggunakan mitra e-commerce akan semakin besar, ” kata Jelas pada KONTAN, Jumat (9/4).

Dari realisasi KUR BNI tersebut, penyerapan daripada sektor produksi sudah sekitar 50% yang didominasi sebab sektor pertanian. Bambang sejumlah, hal itu sejalan dengan strategi BNI yang fokus menggarap sektor pertanian.

Ke depan, BNI bakal konsisten melaksanakan strategi-strategi dengan telah dirumuskan di tarikh ini untuk mempercepat pembagian KUR. Selain strategi sebetulnya, BNI juga akan semakin mengoptimalkan jaringan dan Agen46 untuk makin mendekatkan penyajian KUR kepada mitra UMKM BNI sehingga dapat melahirkan graduasi mitra unggul yang  berorientasi ekspor.

Rencana pemerintah menaikkan batasan langit-langit KUR mikro tanpa tanggungan menjadi Rp 100 juta dari sebelumnya masih pada bawah Rp 50 juta dinilai BNI akan memacu penyaluran KUR. Langkah tersebut akan semakin membantu UMKM yang membutuhkan akses permodalan yang mudah, cepat, dan murah.  

SOKONGAN, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menampilkan artikel-artikel yang berkualitas serta bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas menjawab Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang mampu digunakan berbelanja di KONTAN Store.

. bg-color-linkedin background-color: #0072b1;

<! —

–> <! —

Video Pilihan gong9deng –> <! — prev ivs script

gong9deng –>
<! —

KUR

gong9deng –>