Posted in: Info

Resmi jadi deputi gubernur BI, ini profil singkat Doni P. Joewono

Reporter: Bidara Pink | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Mahkamah Agung resmi melantik Doni Primanto Joewono sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), menggantikan Erwin Rijanto yang habis masa jabatannya. Doni akan menjabat sebagai anggota Dewan Gubernur BI hingga tahun 2025 mendatang.

Pelantikan yang dikerjakan pada pukul 10. 00 WIB di Gedung Mahkamah Agung, melalui pembacaan Surat Keputusan Presiden RI no. 78/P tahun 2020 yang telah ditetapkan oleh Presiden MENODAI Joko Widodo pada 30 Juli 2020.

Dalam Surat keputusan itu tertulis, Presiden Ri menimbang, menetapkan, dan menetapkan keputusan presiden mengenai pemberhentian dengan hormat dan pengukuhan Deputi Gubernur bank sentral.

Baca Juga: Sah! Doni P. Joewono formal jadi Deputi Gubernur Bank Nusantara

Pertama, terkira Sejak 16 Juli 2020, mengeluarkan dengan hormat Erwin Rijanto jadi Deputi Gubernur BI. Tak ingat, ini disertai dengan ucapan terima kasih atas pengabdian selama memangku bagian.

Kedua, terhitung sejak pengucapan sumpah dan janji, mengangkat Doni P. Joewono sebagai Deputi Gubernur BI.

Usai dibacakan surat keputusan itu, Doni mengucapkan sumpahnya. “.. Saya bersumpah bahwa saya akan mengemban tugas dengan hormat, mengabdi pada Bank Indonesia dengan sebaik-baiknya serta bertanggung jawab.., ” demikian sepenggal sumpah yang diucapkan oleh Doni pada hari ini.

Asal cakap saja, Doni bukanlah orang gres di jajaran bank sentral. Sebab dia sebelumnya menjabat sebagai Penasihat Eksekutif, Kepala Departemen Sumber Gaya Manusia BI.

Lahir tahun 1965 di Surabaya, Doni menempuh pendidikan ekonomi dan Studi Pembangunan pada Universitas Sebelas Maret pada tarikh 1988. Setelahnya, Doni melanjutkan pelajaran pasca sarjana di Universitas Indonesia jurusan Administrasi pada tahun 2004.

Baca Juga: Gelar rapat paripurna, DPR sahkan Doni P. Joewono jadi Deputi Gubernur BI

Doni memulai karirnya pada BI sebagai analis di Departemen Pengelolaan Moneter tahun 1991 & melanjutkan karir di bidang statistik. Pada periode 2005 – 2008, Doni menjadi peneliti Ekonomi Senior di Kantor Perwakilan BI London, kemudian kembali bertugas di Jakarta di Departemen Kebijakan Ekonomi serta Moneter.

Pada awal karirnya, Doni banyak terlibat dalam membangun pola penglolaan moneter, seperti mempersiapkan terbitnya obligasi pemerintah, membangun sistem pemberitahuan Lalu Lintas Devisa (LLD), dan mengkoordinasikan penyelenggaraan Rakornas TPID. Doni juga pernah dipercaya oleh Gubernur BI untuk memimpin Kantor Agen BI di Solo, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah watak kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas menjawab Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong11deng –>
BANK INDONESIA / BI

gong11deng –>