Posted in: Info

Wamen BUMN: Konsolidasi aset holding panas bumi baru sendat IPO

Bonus harian di Keluaran SGP 2020 – 2021.

Reporter: Filemon Agung | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . Upaya pemerintah membentuk holding panas bumi kini masih terus berlaku dengan fokus konsolidasi substansi.

Wakil Menteri Awak Usaha Milik Negara (BUMN) Pahala Mansury mengungkapkan, masa ini proses persiapan telah dilakukan. “Sudah berjalan kira-kira sebulan proses persiapan konsolidasi, ” kata dia kepada Kontan. co. id, Selasa (20/4).

Pahala melanjutkan, setelah proses konsolidasi rampung barulah holding perusahaan itu mau melakukan penawaran umum saham perdana alias initial public offering (IPO).

Pokok tahu saja, dalam program IPO ini nantinya negeri bakal membentuk holding radang bumi yang terdiri dari Pertamina Geothermal Energy (PGE), PT Geo Dipa Energy dan anak usaha PT PLN (Persero) yang memiliki portofolio pembangkitan panas bumi.

Dalam pemberitaan Kontan. co. id, sebelum melayani IPO pemerintah memiliki rancangan untuk menggabungkan ketiga kongsi ini terlebih dahulu. Buat itu, dinilai perlu periode dan persiapan sebelum IPO bisa dilaksanakan.

Baca Juga: Melirik Potensi IPO Emiten Geotermal

Pahala menguatkan, langkah IPO perlu dipersiapkan dari sisi keuangan serta aset agar rencana rata di bursa punya haluan jangka panjang.

“Jangan sampai IPO hanya buat IPO saja, apa ukuran tambah yang bisa kita ciptakan. Kita masuk ke pasar modal tentu untuk mencari permodalan tambahan buat kita melakukan pengembangan usaha ke depan, ” nyata Pahala.

Di sisi lain, pengembangan panas bumi masuk dalam lima kalender prioritas dalam mengembangkan Gaya Baru Terbarukan (EBT).

Hal itu masuk di dalam rancangan Kementerian Riset serta Teknologi/Badan Riset dan Perubahan Nasional 2020-2024. Diharapkan dapat memberikan peningkatan dari gaya baru terbarukan di dalam energy mix nasional.

Pengembangan panas bumi mengungkung pembangkit listrik tenaga radang bumi skala kecil. Potensi panas bumi yang cerai-berai disebut belum dimanfaatkan dengan baik karena membutuhkan investasi yang besar.

 

 

DANA, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas serta bermanfaat.

Jadi ungkapan terimakasih atas mengindahkan Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di LANGSUNG Store.

. bg-color-linkedin background-color: #0072b1;

<! —

–> <! —

Video Pilihan gong9deng –> <! — prev ivs script

gong9deng –>
<! —

HOLDING BUMN

gong9deng –>